AINA QALBYNA BLOG
Allah memberikan kehidupan kepada kita sebagai makhluq sempurna,punya akal....dan kehidupan yang indah
....jalani dengan ikhlas dan siap menerima apa adanya yang diberikan oleh Allah SWT....amin
Perjalanan panjang hidup seorang anak manusia sulit untuk di tebak oleh yang namanya manusia itu sendiri,
umur,rezeki,pertemuan,juga maut.
Semua ada yang mengatur,tiap sedetik desah nafas yang kita hirup ada yang mengatur yaitu Allah SWT.
------------------------------
IslamDotNet | Links | Teman-teman | Siapakah aku?

Tuesday, October 03, 2006

Bismillahirahman nirahim
POLIGAMI DISURGA

POLIGAMI DI SURGA

Sebelum dijelaskan secara rinci bagaimana poligami didalam surga,dan apa kah di dalam surga ada nafsu sehingga ada poligami ada baiknya kita lihat dulu apa arti daripada surga itu sendiri.
Surga secara harfiah berasal dari kata jannah yang artinya penutup,tabir dan penyembunyian.Lalu kata jannah diartikan juga sebagai pohon yang rindang,dimana kata tersebut digunakan merujuk suatu taman yang didalamnya banyak pepohanan rindang.
Dalam terminologi islam,kata jannah berarti tempat kediaman dimana para hamba Allah yang berbuat baik akan memasukinya dan menjadikannya tempat peristirahatan yang abadi.Kalau dipikir tentu kita akan bertanya kenapa tempat di akhirat itu bernama jannah ?
ini tidak lain karena tersembunyinya tempat itu dari manusia di dunia,tempat itu tidak terlihat
manusia dan apa yang terjadi didalamnya tak dapat di bayangkan.”Allah telah merahasiakan semua kenikmatan dan anugrah surga dari mata makhluk-makhluk_Nya “(HR.Bukhari) Dan dalam ayat alqur’an surat Al_Imran ayat 103 yang artinya” Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, “Sedangkan mengenai panjanganya Sahih Muslim menyebutkan bahwa ruang yang diperoleh penghuni surga terendah adalah sama dengan sepuluh kali panjangnya dunia.
Para sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah,bahan apa yang telah dipergunakan untuk membangun rumah di surga ? Beliau menjawab :Rumah tersebut di bangun berselang_seling antara batu-bata emas dan perak(yaitu satu batu bata emas di tumpukkan diatas batu bata perak dan begitu seterusnya),sebagai ganti batu bata digunakan mutiara dan perhiasaan.Kemudian di tanahnya di bentuk dari safran yang berwarna kuning dan berbau harum.Orang yang memasuki kediaman ini akan hidup abadi penuh kedamaian dan ketenangan.Orang tersebut tak akan pernah merasakan mati,usang ataupun kriput.Inilah sekilas gambaran tentang surga,sementara yang ingin di sampaikan dalam tulisan ini adalah bahwa poligami bukan hanya seruan di dunia tetapi di akhirat juga ada poligami.
Sudah jelas bagi kita bahwa Al-quran dan hadist menujukkan bahwa surga adalah ganjaran bagi kebaikan dan kepatuhan kepada perintah Allah.Tapi kita gagal untuk berpikir dan memahami bahwa meskipun kita melakukan perbuatan baik didunia ini,ganjaran bagi kita bukan langsung kita terima pada saat itu, tetapi di tunda sampai kita masuk ke akhirat dan mempunyai tahapan-tahapan sampai kita bisa sampai ke akhirat.Karena pada dasar nya kita tidak pernah tahu kapan sang maut menjemput dan kapan malaikat pencabut nyawa datang mengetuk pintu.
Dan kita tidak pernah tahu kapan amal ibadah kita di hisab dan pertanggung-jawaban kita akan di periksa,atau kapan kita akan masuk ke surga dan menemukan kenikmatan surga.Surga seperti yang telah di janjikan Allah bagi orang-orang yang taat dan beriman sebagaimana dalam firman Nya: Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Dan orang-orang yang kafir itu bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang-binatang. Dan neraka adalah tempat tinggal mereka.(surat Muhammad.12)
Kalau lah ingin meceritakan seperti apa surga itu secara keselurahan rasanya tidaklah mungkin dan tidaklah cukup kertas berlembar-lembar dan buku berjilid-jilid,karena pada pokok nya yang ingin disampaikan disini bahwa seseungguhnya poligami bukan cuma di dunia tapi juga ada disurga,dan tulisan ini juga ingin membuka hati para saudara seiman yang merasa poligami tidak logis atau tidak adil atau apalah namanya yang pasti itu anjuran,dan itu tercantum dalam al quran bukan perbuatan kita sebagai makhluq yang dhoif.
Sebagai umat yang bertakwa dan beriman kepada Allah swt dan senantiasa menjalankan syariat sesuai dengan anjuran dan apa yang ada dalam al _quran dan hadist,bahwasannya sebagai umat kita akan kembali merujuk kepada Alquran bahwa poligami itu di anjurkan selagi kita mampu berbuat adil,ini bisa kita pikirkan apakah ayat tersebut untuk di dunia atau di akhirat ?karena dalam surga juga ada poligami dimana ada 72 bidadari dan 72 wanita dari jenis manusia untuk lelaki surga.
Sekarang kita bertanya siapa lelaki surga itu ?adakah diantara para pembaca tulisan ini merasa menjadi lelaki surga ?Allah yang tahu apa yang di perbuat hambaNya.Kalaulah pria mendapatkan bidadari apa yang didapat wanita surga ?
Para wanita akan mendapatkan pria ahli Surga, dan pria ahli Surga lebih afdhal dari pada bidadari. Pria yang paling baik ada di antara pria ahli Surga. Dengan demikian, bagian wanita di Surga bisa jadi lebih besar dan lebih banyak daripada bagian pria, dalam masalah pernikahan. Karena wanita di dunia juga (bersuami) mereka mempunyai beberapa suami di Surga. Bila wanita mempunyai 2 suami, ia diberi pilihan untuk memilih di antara keduanya, dan ia akan memilih yang paling baik dari keduanya.
Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal diantara kamu, baik laki-laki ataupun perempuan" (Ali-Imran:195).
Jadi jelas bagi kita sebagai umat manusia lelaki dan wanita yang saleh dan sholeha akan mendapat ganjaran kenikmatan yang abadi di jannah,insyaAllah.
Kehidupan di surga tidaklah sama dengan kehidupan di dunia karena disurga tidak ada rasa iri dan dengki serta nafsu syeitan,karena penghuni surga adalah insan-insan pilihan.
Surga adalah suatu tempat yang indah dan abadi dimana bagi lelaki surga akan berpoligami,dimana dalam sunan Ibnu Majah menyatakan bahwa pria surga akan memiliki 72 istri dari bidari dan 72 lagi dari jenis yang sama yaitu wanita dunia ,Subhannallah,disamping riwayat itu masih banyak lagi riwayat-riwayat lain,seperti Bukhari yang menyatakan bahwa setiap pria akan memiliki dua bidadari sebagai istrinya.
Tanpa mengenyampingkan perbedaan pendapat tentang jumlah istri,hal ini barangkali bisa dikatakan tergantung dari perbuatan baik seseorang tersebut.Lalu bagaimanakah bidadari surga itu ?seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW bahwa Houri( wanita-wanita surga),ialah wanita yang matanya putih bersinar dan buliu matanya sangat hitam,dan matanya berbentuk lebar .Putih mata para wanita surga itu adalah yang terputih dan bola matanya adalah yang terhitam serta mereka akan memiliki mata yang lebar.Lelaki surga akan merasakan kenikmatan yang di berikan Allah karena akan hadir seorang wanita dan akan menyapa pasangannya,si pria akan bertanya “siapakah kamu ?”Wanita itu akan menjawab “ Allah telah mengirimkan diri hamba yang rendah ini untuk melayani anda sebagai tamabhan kenikamatan dari nikmat-nikmat surga yang lain.Anda telah mendapatkan hak anda dan sekarang Allah telah mengirimkan aku sebagai tambahan nikmat. Subhannallah,…
Wanita ini terbungkus dengan tujuh puluh pakaian dengan warna yang berbeda-beda,permukaan pakainnya juga begitu halus dan tembus pandang sehingga keseluruhan tubuhnya akan jelas terlihat seolah tampil tanpa busana yang melekat.
Dalam riwayat Akhmad di jelas kan : ‘Keanggunan tubuhnya begitu indah dan kulitnya begitu lembut sehingga tulang kering bagian dalam nya akan terleihta menembus pakaiannya.Wanita tersebut akan memakai makhkota berharga diatas kepalanya yang mutiara terburuknya saja dapat memancarkan cahaya yang dapat menerangi seluruh semesta.(HR.Akhmad).Wallahualam.
Nabi juga bersabda bahwa pria surga akan di anugrahi kekuatan sedemikian rupa sehingga dia akan dapat melayani 72 wanita.”Seorang sahabat bertanya kepada Rasul”Wahai nabi,… akankah pria tersebut mampu melayani 72 wanita ?Beliau menjawab Ketika seorang pria dikaruni kekuatan seksual seratus lelaki,bagaimana dia tidak mampu untuk bersetubuh dengan begitu banyak wanita ?(HR.Tarmizi).
Begitulah sekilas gambaran poligami di surga,jadi poligami bukan hanya sekedar isapan jempol atau omongan basi yang dijadikan alasan bagi pria banyak untuk pelampiasakan hasrat sex saja,tapi poligami didunia merupakan satu solusi bagi umat islam yang laki-laki dalam menguji diri nya mampukah dia berlaku adil ? jika tidak sebaiknya jangan coba-coba, karena adil bukanlah hal yang biasa dan mampu dilakukan oleh semua umat manusia,jadilah lelaki surga hingga akan menerima poligami yang hakiki di surga kelak.
Akhir kata penulis ucapkan maaf yang sebesar-besarnya atas tulisan yang tidaklah seberapa ini,tapi hanya ingin meluruskan bahwa poligami itu ada bukan mengada-ada tapi memang ada dalam islam.Berlomba-lombalah menjalankan kebaikan dan mengejar kebaikkan insyaAllah surga yang Allah janjikan akan di dapat bagi umat yang taqwa dan beriman.Amin
Segala sesuatu yang salah adalah dari diri penulis dan yang benar datang nya dari Allah swt.

Wassalam bil maaf
Aina Blankkkkkk

Bahan kutipan : Al-qur’an nul karim
Tafsir Ibnu Katsir
The Spectacle of Death,>>>>>Khawaja Muhammad Islam.
Al Wafi Fil syahril Arba’in An_Nawawiyah >>>>>>>>> Musthafa Dieb Al_Buqha dan Muhyiddin Mistu

selanjutnya...

Bismillahirahman nirahim
FUNGSI AKAL BAGI UMAT ISLAM

Allah telah memuliakan anak adam dengan akal dan menjadikan akal sebagai syarat utama pembebanan syariat kepada manusia. Dalam ilmu mantiq dapat juga dikatakan manusia adalah hewan yang berakal (al insanu hayawanun natiq).
Banyak sebahagain ulama mengatakan bahwa ilmu mantiq itu haram, mungkin karena sebahagian umat menjalankan syariat islam hanya berdasarkan akal pikiran saja, padahal Allah memberikan akal kepada manusia untuk mengetahui mana sisi buruk dan mana sisi baik, dimana setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia tidak terlepas dari kendali dan kontrol dari akal yang sehat.
Manusia sebagai “insan kamil” (manusia sempurna ), dalam arti berbeda dengan makhluk Allah lain yang tidak mempunyai akal, diperintahkan Allah untuk bertaffakur dan menghayati Firman-Nya, dan Allah memerintahkan umatnya untuk menggunakan akal mereka dengan berpikir bagaimana upaya membangun bumi dan memperbaikinya demi tercapainya tujuan manusia sebagai khalifah di muka bumi ini.
Dalam al quran surat Ali Imran ayat 190 yang artinya :
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan selisih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal”.
Dan dalam ayat lain dikatakan: "Hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran” (Ar-Ra'd:19).
Jelas sudah Allah menciptakan akal pada manusia untuk berpikir, dan ini tidak bisa disangkal, karena bagaimana umat mau belajar dan berpikir dalam melakukan tindakkan kalau tidak punya akal sehat. Dan seandainya ada sebahagian yang mengakatakan mendahulukan akal dalam menghayati dan mempelajari syariat Islam termasuk orang yang kufur, dapat dikatakan ini salah persepsi saja, mungkin yang dimaksud itu adalah bahwa kalau segala sesuatu yang ada hubungannya dengan nash syr’i lebih mendahulukan aqli (logika) dari pada naqli (Quran dan Hadis).
Karena pada dasarnya Allah menciptakan akal pada manusia berbatas sesuai dengan kemampuan yang ada dalam akal itu sendiri dimana akal itu difungsikan. Karena apabila fungsi akal sudah melampaui bidang-bidang yang di batasi-Nya, maka dengan demikian orang yang memiliki akal itu sudah melakukan kezaliman, sebab dengan melakukan itu akan menghasilkan kesesatan dan kebingungan, dan ini mungkin yang menjadi alasan bagi sebagian ulama mengatakan bahwa ilmu mantiq atau dikenal dengan istilah ilmu logika itu haram dan akhirnya membuat manusia jatuh kepada kekafiran, ini benar sekali.
Karena bagaimana manusia dapat menjalankan ibadah dengan sempurna kalau apa yang dipikir oleh akal sehatnya sudah melampaui apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Sang Khaliq, dan melampaui batas akal itu sendiri. Dimana terkadang seorang manusia yang super pintar berusaha menggali ilmu Al-Quran di luar kemampuan akalnya dan berusaha mencari tahu zat Allah sesungguhnya dan ini adalah mustahil, karena zat Allah merupakan suatu yang mustahil untuk dipelajari dan dipikirkan oleh akal sehat seorang manusia yang menjadi ciptaan-Nya.
Terkadang disinilah terjadi kesalahpahaman itu, hingga manusia lupa akan keberadaan dirinya dan kemampuan akalnya karena bagaimanapun Allah Maha dari segala yang Maha.
Karena sebagai umat banyak yang telah menjauhkan dirinya dari perintah-perintah Allah dan bangga dengan apa yang telah dihasilkan oleh akal pikiran mereka, hingga terkadang mereka juga bingung dengan apa yang mereka peroleh dengan cara memikirkan yang di luar batas pemikiran akal sehat mereka.
Ini bisa terjadi karena pengaruh dari filsafat Yunani yang telah meracuni peta dunia Islam dan mempengaruhi para ulama salafus shalih dengan metode yang aneh.
Banyak filsafaat Yunani yang menterjemahkan buku yang membuat sebahagian ulama kaum muslimin terkagum-kagum, lalu mulailah melandasai pemikiran mereka itu dengan pemikiran Yunani, bahkan menyesuaikannya dengan pemikirin Islam, dan hasilnya apa yang mereka capai? rasa kecewa dan putus asa yang mempersulit sesuatu yang telah dipermudah, untuk mereka dengan mengeluarkan seluruh daya upaya mereka untuk mendapatkan kesucian akidah Islam dengan metode Yunani yang landasannya cuma akal manusia yang serba terbatas dan ini mustahil. Akibatnya secara tidak langsung akidah Islam telah ternodai oleh hal-hal yang di luar batas kemampuan akal manusia yang serba terbatas.
Dan atas dasar inilah mungkin sebahagian para ulama dapat mengatakan dan mengambil suatu kesimpualan bahwa belajar ilmu logika atau ilmu mantiq dapat menimbulkan kekufuran, atau dengan kata lain dapat membuat orang lupa akan keberadaan akidah Islam yang murni dan lebih mengutamakan akal daripada nash syar'i dan ini jelas salah.
Dan tidak sedikit para ulama khususnya ilmu kalam yang menyadari kekeliruan ini di akhir hayatnya, dan bertaubat dan menyesali apa yang telah mereka perbuat selama ini, dan sedih bahwa selama ini mereka telah menghabiskan umurnya dengan hal yang sia-sia dan perdebatan yang tak ada ujung pangkalnya. Wallahu a'lam bishsawab.
Maka dari itu hasil nyata yang dihasilkan setiap orang yang mendahulukan akalnya atau akal orang lain daripada syariat Allah adalah kebingungan dan kesesatan, yang pasti fungsi akal bukan untuk mengkaji ataupun berpikir kepada apa yang ada di luar batas kemampuan dari akal tersebut, tapi Allah menciptakan akal pada manusia juga untuk membedakan bahwa manusia begitu tinggi derajatnya dari makhluk Allah yang lain, dan akal itu berfungsi untuk berpikir bahwa alam ini ada karena adanya yang menciptakan yaitu Allah Swt, dan fungsi akal itu juga manusia berpikir dan bersyukur atas apa yang ada dan menjadi rahmat bagi manusia itu sendiri.
Sesungguhnyalah kita berlindung kepada Allah agar terhindar dari hal yang demikian.
Penulis mohon maaf jika ada kalimat yang salah atau tidak berkenan. mohon diperbaiki kalau itu salah karena saya masih belajar menulis.

Tulisan ini dikutip dari buku Al Ghuluwwu fi Ad-Diin (Abud Bin Ali bin dar).
Ai__________qatar

selanjutnya...

Bismillahirahman nirahim
SEKEDAR TAU ALAM KUBUR

Berbicara masalah kubur tentu yang kita bayangkan hanya sekedar sebuah lobang yang digali dengan ukuran 1x2 meter persegi,dimana ditempat itulah semua manusia akan di kubur.
Kubur dapat merupakan taman surga atau lubang neraka.Wahai manusia,jadikanlah kubur kalian sebagai taman surga dengan melakukan kebajikan.Jangan jadikan kubur kalian lubang neraka dengan melakukan perbuatan jahat.
Siapapun dia manusianya apabila telah meninggal akan dikirim ke alam barzah.Bagaimanapun caranya apakah jenazah akan diletakakn didalam kubur atau di kremasi,dia tetap memiliki daya memahami dan mengerti.Nabi saw berkata : Ketika jenazah di masukkan kedalam keranda dan orang-orang mengusungnya kepemakaman,jika ia orang yang saleh dia meminta mereka membawanya secepat mungkin dan jika jenazah itu pendosa,dia mengutuk keadaan buruk yang disiapkan untuknya dan bertanya hendak di bawa kemana dia.
Alam kubur merupakan suatu alam gaib yang tidak akan terjangkau oleh manusia sebelum dia meninggal dan dikuburkan
.Ada 6 perkara yang di alami manusia selama dia berada dialam kubur yaitu :
1,Dlammatul_qabr.
2.Su’aalul qabr.
3.Adzabul qabr wa na’iematul qabr
4.Maqqarur ruh
5.Ardlul maq’ad
6.Al ba’ts.

Yang dimaksud dengan Dlammatul qabr ialah,..himpitan dimana orang yang sudah mati akan di himpit dalam kubur,siapapun dia besar atau kecil kafir atau muslim akan merasakan himpitan kubur,sesuai dengan yang dikatakan dalam hadist :
Yang artinya :,.. Sesungguh nya kubur itu mempunyai himpitan,jika ada siapa-siapa yang terlepas padanya nisacaya terlepas Sa’ad bin Mu’adz daripadanya (riwayat Ahamad dan Ibnu jarier ).
Yang dimaksud dengan Su’aalul qabr ialah dimana orang yang sudah dikubur akan di periksa I’tiqadnya.,sebagaimana sabda rasulullah saw ,………yang artinya,..
Allah Ta’ala berkata,… Masukkanlah nama simati itu didalam catatan orang-orang yang baik,dan kembalikan dia kebumi.Lalu rohnya di kembalikan kebadannya.kemudian datang 2 malaikat medudukkan nya dan berkata :Siapa Tuhanmu dan apa agamamu,maka dia menjawab Allah Tuhanku dan islam agamaku.,lalu mereka bertanya lagi siapa dia laki-laki yang di utus kepada mu dan diantara kamu ? Maka ia akan mejawab ia pesuruh Allah,…. Lalu ada satu seruan lagi dari langit (katanya) Benar hambaku,karena itu bentangkanlah hamparan dari
surga,maka dapatlah dia bau surga dan wanginya dan kebunnya pun di luaskan sejauh mata
memandang. (riwayat Ahmad,Abu Dawud,Hakim dan Baihaqi).
Selain dari hadist itu ada satu hadist lain yang artinya :Seorang manusia apabila diletakkan
dia dalam kuburnya dan sahabatnya berpaling pulang sedang dia mendenger suara kasut mereka akan datang kepadanya dua malaikat dan mendudukkan nya dan bertanya kepadanya apa katamu tentang orang itu ?(yang dinamakan Muhammad) adapun orang mukmin akan berkata :Aku mengaku bahwasannya ia itu hamba Allah dan rasul Nya,maka (diwaktu itu)dikatakan padanya ‘lihatlah tempat duduk mu di neraka telah di tukar olehAllah dengan kedudukan di surga.(Maka pada waktu itu dia lihat dua-dua tempat tersebut.Adapun orang yang munafiq dan kafir ketika di tanya tentang siapa dia laki-laki itu,dia akan menjawab “aku tidak tahu “,aku pernah mencela sebagaimana orang-orang berkata ,maka malaikat berkata”engkau tidak tahu dan tidak membaca”,lalu dia dipukul dengan pemukul dari besi dengan satu pukulan.hingga dia berteriak satu teriakan yang di dengar oleh semua yang ada di sekelilingnya kecuali manusia dan jin.(riwayat bukhari muslim)
Kalau di lihat dari hadist diatas,terbukti bahwa orang-orang mukmin akan hidup dalam kedamaian dan kesenangan dialam barzah dan mereka tidak kehilangan akan pikiran sehatnya,mereka hanya memikirkan tentang doa-doa dan menjawab pertanyaan malaiakat tanpa rasa takut.Ketika mereka mengetahui tentang keadaan mereka,maka mereka akan memohon kepada malaikat agar sebelum beristirahat,mereka di perbolehkan menjumpai anggota keluarga mereka. Ketika akan mendapatkan akhir pejalanan yang baik,mereka akan berdoa dengan kegembiraan yang meluap2,agar hari kebangkitan dipersingkat sehingga mereka dapat memasuki surga secepatnya.
Perlu juga di ketahui bahwa apabila seorang mukmin yang meninggal,maka setiap pojok makamnya menghias diri utuk menyambutnya dan mengucapkan keinginannya agar dia di kuburkan disebelahnya,Tetapi apabila seorang kafir yang meninggal kegelapan akan menyelimuti makamnya dan setiap pojoknya mencari perlindungan Allah dan memohon kepadaNya agar orang yang buruk itu hendaknya tidak di kuburkan di sebelahnya.
Yang dimaksud dengan Adzaaabul qabr wan a;iemul qabr ialah,ialah siksa kubur dan nikmat kubur orang yang sudah meninggal dan sesudah di tanam itu akan dapat siksa atau kesenangan dikubur tergantung ke imanan dan ketakwaan dari yang dikubur.Perbuatan baik atau buruk seseorang akan mengambil bentuk kesengsaraan atau kenyamanan kepada pelakunya,meskioun perbuatan itu abstrak.Ada beberapa tipe manusia yang akan mendapat siksa kubur,yaitu orang-orang kafir,orang munafiq dan orang mukmin dan yang mendapat nikmat kubur ialah orang yang beriman.
Orang-orang mukmin akan disiksa dalam kubur karena kejahilannya terhadap Allah,juga karena sikap mereka yang menyia-nyiakan hak _Nya dan perbuatan dosa yang mereka kerjakan. Nabi saw telah menyebutkan sebagian pelaku maksiat yang akan mendapatkan azab kubur ,diantara :
<1.mereka yang tidak bersuci ketika setelah buang air kecil,sehingga dia masih bernajis.
<2.mereka yang suka mengadu domba
<3.mereka yang suka berbuat ghulul(mengambil yang bukan haknya)
<4.mereka yang suka berbuat kebohongan.
<5.mereka yang membaca alqur’an tapi tidak melaksanakan apa-apa yang diperintahkan dan dilarang dalam alqur’an(kepala mereka nanti akan di hantam dengan batu.)
<6.mereka yang malakukan zina(ruh para penzina ini nanti akan disiksa diatas tungku api dan diatas tungku api itu akan di nyalakan api yang membara)
<7.mereka yang memakan riba(mereka akan berenang di sungai darah dan akan di hantam dengan batu-batu setiap kali mereka menuju tepian)
<8.mereka yang berhutang (orang yang berhutang akan di tahan masuk surga karena hutangnya).

Ada baik pasti ada buruk,dan apabila ada salah pasti ada benar,begitulah manusia ini di ciptakan.Maka selain siapa –siapa yang akan mendapatkan azab kubur tentu kita ingin tahu bagaimana dan siapa yang terhindar dari azab kubur dan amalan apa yang membuat manusia terhindar dari dari azab kubur tersebut antara lain,:
1.sholat wajib,shaum,zakat dan perbuatan baik berupa kejujuran,menyambung hubungan,segala perbuatan yang ma’ruf dan berbuat baik kepada manusia.
2.berlindung kepada Allah dari azab kubur.
Selain itu ada juga orang-orang yang terbebas dari azab kubur yaitu :
1.orang yang mati syahid dijalan Allah (mereka akan diselamatkan dari azab kubur)
2.orang yang ribat (orang yang terhindar fitnah kubur jika mereka meninggal dalam ribat di jalan Allah)
3.orang yang meninggal pada hari jum’at,sebagimana Nabi saw bersabda yang artinya “:
“Tidaklah seorang mukmin meninggal pada hari jum’at melainkan dia akan diselamatkan dari fitnah kubur “( HR Ahmad dan Tarmizi”)
dalam hadist lain di riwayatkan malaikat mendatanginya seraya bertanya,”Siapakah rabb-mu ?. Orang itu menjawab,”hah..hah..aku tidak tahu”. Malaikat itu bertanya lagi,”Siapakah manusia yang diutus kepada kalian ?”. “hah..hah. .aku tidak kenal”, jawabnya. Lalu diserukan suara dari langit bahwa dia telah mendustakan hamb-Ku. Maka dekatlah ang di maksud dengan Adzaabul_qabl wa na’iemul_qabr yaitu siksa kubur dan nikmat kubur di mana orang yang sudah mati dan sesudah di tanam itu akan dapat siksa atau nikmat.Manusia yang telah mati tentu akan mendapat siksa kubur dan nikmat kubur dan siksa kubur itu benar adanya seperti hadist Rasulullah yang artinya “Azab kubur itu benar ( HR Bukhari). Dan satu lagi hadist yang artinya Sesunggunya ahli kubur itu disiksa dikubur dengan siksaan yang akan di dengar oleh binatang-binatang.( HR Bukhari Muslim).Kalau ada yang mendapat siksa kubur tentu ada yang mendapat nikmat kubur yaitu orang-orang yang terbebas daro fitnah kubur seperti yang ter tulis diatas.
Yang dimaksud dengan Maqarrur_ruh yaitu,…tempat di mana ketetapapan roh itu,dimana orang yang sudah meninggal akan ditetapkan di mana roh nya berada.
Seperti sabda rasulullah saw:Ruh-ruh orang yang matai syahid itu disisi Allah,ditemboloknya burung-burung hijau,berjalan-jalan di sungai surga sebagaimana sukanay kemudian kembali kepada kandil-kandil dibawah arasy.
Disamping ada hadist lain yang artinya : Sesungguhnya ruh-ruh orang mu’min itu ada dilangit yang ketujuh melihat tempat kedudukan mereka di surga (HR Abu Nu’aim)
Sementara itu ada hadist lain yang lebi tegas menjelaskan keberadaan ruh.
“Sesungguhnya Ibnu Umar pernah menta’ziah (menghiburkan) siti Asma karena kematian anaknya yang bernama Abdullah bin Zubair,sedang mayitnya disula orang,Ibnu Umar berkata :
Janganlah engkau berduka cita karena sesungguhnya roh-roh itu disisi Allah dilangit adapun yang didedepan kita hanyalah badannya. Ruh itu lalu naik ke langit dan diperlakukan sesuai dengan amalnya di dunia. Bila ruh itu berasal dari orang yang beriman, maka pintu langit akan dibukakan untuknya dan disambut dengan hangat. Sebaliknya, bila ruh itu dari orang kafir, zalim dan berlumur dosa, maka pintu langit akan tertutup untuknya dan mendapat perlakuan yang hina. Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum . Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan.(QS. Al-A'raf : 40).
Bahkan ruh itu akan dicampakkan dari pintu langit sebagaimana firman Allah SWT :

Barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh.(QS. Al—Hajj : 31).
Dua ayat inilah yang diucapkan oleh Rasulullah SAW di dalam hadits shahih yang panjang ketika menjelaskan bagaimana ruh orang beriman dan ruh orang jahat. Salah satu potongannya kami nukilkan berikut ini :
Rasulullah SAW bersabda,”…Lalu ruh jahat itu dikembalikan ke dalam jasadnya dan dua malakaikat men dengan neraka dan dibukakan pintu neraka hinga panas dan racunnya sampai kepadanya. Lalu kuburnya disempitkan hingga tulang-tulang iganya saling bersilangan. Dan didatangkan kepadanya seorang yang wajahnya buruk, pakaiannya buruk dan baunya busuk dan berkata kepadanya,”Berbahagialah dengan amal jahatmu. Ini adalah hari yang kamu pernah diingatkan. Dia bertanya,”siapakah kamu, wajahmu adalah wajah orang yang membawa kejahatan ?”. “Aku adalah amalmu yang buruk”. “Ya Tuhan, jangan kiamat dulu”.(HR. Ahmad dalam musnadnya 4/287 hadits no. 4753 dan Abu Daud 4/239 hadits no. 18557 – hadits Shahih) .
Adapun yang di maksud dengan Ar.dlul_maq’ad ialah :Perlihatkan tempat,ya’ni orang yang sudah mati itu akan di perhatikan tempat ketetepannya di surga atau dineraka,setiap pagi dan petang ,tentang ardlul maq’ad itu ada dalam hadist yang artinya :Sesungguhnya seorang dari kamu jika mati akan di tunjukkan padanya tempat duduknya pagi dan petang,jika ia daripada ahli surga (ia akan melihati dirinya) daripada ahli surga dan jika ia dari pada ahli neraka (ia akan melihat dirinya ) daripada ahli neraka Akan dikatakan padanya ,itulah tempat dudukmu hingga Allah membangkitkan mu kepadaNya pada hari qiyamat (HR Bukhari Muslim)
Adapun yang dimaksud dengan Al Ba’ts ialah Bangkitan ya’ni orang yang sudah mati dibangkitkan kembali dari kuburnya setelah hari kiamat,yaitu dikumpulkan badan-badannya dan dimasukkan ruhnya hingga jadilah ia seperti keadaanya di hari kematiannya.
Dalam masalah ini jelas di terangkan dalam surat Yaasiin yang artinya :
Dan ditiuplah sangkakala, maka tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari kuburnya
(menuju) kepada Tuhan mereka( 51) Mereka berkata: "Aduh celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya).(52)
Sungguh suatu hal yang maha dahsyat dimana saat israfil meniupkan terom[pet sangsakala untuk pertma kalinya sekitar 40 tahun,atau 40 bulan atau 40 minggu sebalum dimulainya hari kebangkitan.Suara nya sungguh sangat menakutkan semua manusia ,binatang dan semua yang hidup diatas permukaan bumi akan merasa ketakutan.
Tubuh menusia akan menggigil dna gemetar,wajah-wajah menjadi pucat,jantung berdetak dengan cepat (karena kesakitan),mata-mata akan masuk kedalam kelopak nya,dan semua maksluk hidup akan mati.
Ini semua akan terjadi pada saat bagaiman sangsakala ditiupkan masih banyak hal lain akan terjadi dan rasanya kali ini penulis pun tak sanggup untuk mengungkapkannya dengan lebih lugas,disampin ilmu penuli sangatlah terbatas tapi semua yang penulis kemukakan bukan direka-reka ada nya tapi begitulah nyata nya bila sang malaikat Izrail ,menghampiri dan samapailah kita di alam kubur dan sampai hari berbangkit,
Semua yang ditulis berdasarkan sumber yang jelas,dna mohon di maaf jika masih banyak kekukurangan nya disana sini,karena sesungguhnya yang benar itu datangnya dari Allah dan yang salah dari penulis.

Wassalam bil maaf
Ainal Qalbyna
(sumber bacaan ,..Al Quran
.;..Khuthatun Li Mustaqbalika== Jasim Muhammad Al Muthawwi
,’’The Spectacle Of Death =Khawaja Muhammad Islam
;’’Tafsir Ahkam Ibnu Katsir
.:Al hadist Ryadddushusholihin

selanjutnya...

Supported by : cenary.com